Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto

DAK Fisik Capai Rp 11,92 Miliar

Untuk 41 Lembaga Lingkup Dispendik

14 Januari 2022, 16: 10: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

DAK Fisik Capai Rp 11,92 Miliar

SEKOLAH RUSAK: Kondisi bangunan SD Negeri Kumitir, Kecamatan Jatirejo sebelum mendapatkan rehab dari bantuan DAK. (Sofan Kurniawan/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto - Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang diterima Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto tahun 2022 mencapai Rp 11,92 miliar. Itu digunakan pembangunan lokal, rehabilitasi hingga bantuan sarana pendidikan mulai PAUD hingga SMP.

Kabid Sarana dan Prasarana Pendidikan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto Adi Mahendarto mengatakan tahun ini Dispendik mendapatkan bantuan DAK fisik Rp 11,92 miliar. Itu untuk 41 lembaga yakni, 4 lembaga PAUD, 1 lembaga SKB, 24 SD, dan SMP 12 lembaga. ’’Program terdiri dari rehab, pembangunan ruang kelas baru, ada juga toilet sekolah. Yang jelas bentuk pekerjaan bervariasi, tergantung kondisi ketika uji petik atau studi kelayakan,’’ bebernya.

Adi menyebutkan dana bersumber APBN ini juga untuk memenuhi sarana prasarana sekolah. Seperti, peralatan TIK dan media pendidikan lainnya. Dia tak menyangkal jika alokasi DAK fisik tahun ini lebih kecil dari tahun sebelumnya. Yakni jumlahnya yang mencapai Rp 13,33 miliar. ’’Tahun ini tidak ada pembangunan gedung baru seperti tahun lalu, sehingga perolehan DAK fisiknya menurun. Yang diprioritaskan juga terutama belanja peralatan TIK memang dari Kemendikbud,’’ paparnya.

Baca juga: Rekrutmen Prajurit TNI Sumber Santri

Dikatakannya, untuk pola pekerjaan sedianya akan menggunakan sistem kontraktual dengan tahapan proses menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan dari Kemendikbud. Adapun, usulan sekolah yang mendapatkan DAK fisik tahun ini, nantinya mengacu pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Data tersebut diisi oleh masing-masing sekolah. ’’Semuanya tergantung Dapodik yang diinput dari masing-masing satuan pendidikan,’’ tandasnya. (oce/fen)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              

(mj/OCE/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia