Rabu, 27 Oct 2021
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto
Wisuda Sarjana ke 34 Unimas Digelar Tiga Sesi

Cetak Wisudawan yang Berkiprah dan Berkarya di Wilayah Profesional

13 Oktober 2021, 09: 30: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Cetak Wisudawan yang Berkiprah dan Berkarya di Wilayah Profesional

PROKES KETAT: Pelaksanaan wisuda Unimas ke 34 berlangsung dengan protokol kesehatan ketat selama acara (Ahmad Basuni/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

MOJOKERTO – Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto kembali menggelar Wisuda Program Sarjana yang ke 34. Wisuda digelar di Ballroom Ayola Sunrise Hotel, Minggu (10/10). Wisuda periode ini diikuti 375 lulusan yang terdiri dari 65 wisudawan/ti dari Fakultas Hukum, 52 wisudawan/ti Fakultas Pertanian, dan 258 wisudawan/ti Fakultas Ekonomi.

Ketua panitia wisuda ke-34 Yuyu Jaharatu N.S, S.E, M.M menegaskan, prosesi wisuda Unimas periode ini menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti menunjukkan sertifikat vaksin atau menunjukkan surat bebas Covid-19, pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Prosesi wisuda terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 07.00 WIB, sesi kedua dilaksanakan pukul 11.40 WIB dan sesi ketiga dilaksanakan pukul 14.00 WIB-selesai.

Rektor Universitas Mayjen Sungkono, Dr. H. Hery Setiawan, SH, M.Si dalam pidatonya mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan/ti yang telah menyelesaikan studinya di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto dan  kepada orang tua wali serta orang tua asuh keluarga wisudawan-wisudawati.

Baca juga: Tuntaskan Semua Sasaran Fisik

Wisuda bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar. Namun sebaliknya, ilmu yang sudah didapatkan di kampus akan dilanjutkan untuk digunakan menyelesaikan dan membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks ke depan. Karena belajar itu adalah sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan stimulus dan respon tapi lebih dari itu. Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan otak dan kehalusan budi untuk diniatkan membantu sesama.

Harapannya, para wisudawan bisa berkiprah dan berkarya di wilayah profesional yang mereka minati. Namun sebagai lulusan Universitas Mayjen Sungkono dimana nilai-nilai kebangsaan diinternalisasikan didalamnya, pihaknya juga berharap para lulusan bisa berkarya diatas landasan dan spirit dan etik budaya bangsa Indonesia. ’’Jagalah nama baiknya, dengan bekerja dan berkarya sepenuh hati. Kebesaran nama dan prestasi kalian kelak adalah kebesaran almamater kita bersama,’’ pesannya.

Akhirnya atas nama segenap pimpinan di lingkungan Universitas Mayjen Sungkono, pihaknya meminta maaf apabila Universitas Mayjen Sungkono belum mampu memberikan pelayanan pendidikan sebagaimana yang diharapkan. Dengan bekerja keras, Universitas Mayjen Sungkono akan selalu meningkatkan kemampuannya agar mampu memberikan layanan pendidikan terbaiknya kepada masyarakat.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Hj. Ika Puspitasari, SE  dalam sambutannya turut menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan-wisudawati. Walikota mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada Unimas yang melaksanakan kegiatan wisuda ke-34 ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. ’’Semoga upaya ini bisa menjadi contoh bagi kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh instansi-instansi lain maupun sektor-sektor lain juga taat prokes sedemikian rupa,’’ lanjutnya. Pihaknya berharap lulusan Unimas bisa berperan serta aktif bersinergi dengan Pemkot Mojokerto, bersama-sama untuk memulihkan perekonomian Kota Mojokerto.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum YPS-MSM, Kolonel Inf Hadi Purnomo dalam pidatonya secara virtual menyampaikan, ucapan terima kasih kepada orang tua wisudawan-ti yang telah mempercayakan pendidikan putra-putrinya di Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. Wisuda merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban penyelenggara kepada masyarakat dan pemerintah.

Meskipun wisuda menjadi tanda berakhirnya proses belajar secara akademik, namun pada hakekatnya justru menjadi awal untuk memasuki kehidupan nyata yang penuh tantangan dan romantika yang memerlukan upaya untuk terus mengembangkan diri melalui proses belajar di luar konteks akademik. ’’Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini, saya selaku Ketua Yayasan menyampaikan Selamat, sekaligus ingin mengingatkan janganlah pernah berhenti untuk terus mengembangkan diri di dunia nyata,’’ tambahnya.

Pada wisuda tahun ini, diserahkan penghargaan kepada lulusan predikat terbaik. Untuk lulusan terbaik tahun ini diraih oleh mahasiswa dari Fakultas Hukum atas nama Inna Kurniawati, S.H. dengan IPK 3,84. Dari Fakultas Ekonomi, lulusan atas nama Hendra Cahyono, S.M dengan IPK 3,90. Dan, dari Fakultas Pertanian atas nama Hana Nabilla Rizka, S. Agr dengan  IPK 3,87. (adv/fen)

(mj/BAS/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia