Rabu, 20 Mar 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Kapolresta Sebut Sopir Truk Tabrak Mobil Patroli Polisi Lalai

10 Januari 2019, 16: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Mobil patroli Satsabhara Polresta Mojokerto ditepikan petugas jukir dan petugas usai mengalami kecelakaan.

Mobil patroli Satsabhara Polresta Mojokerto ditepikan petugas jukir dan petugas usai mengalami kecelakaan. (Istimewa/Jawa Pos Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Tabrakan antara truk dan mobil patroli Satsabhara Polresta Mojokerto langsung menjadi perhatian Kapolresta Mojokerto AKBP Sigit Dany Setiyono.

Sigit menyebutkan, mobil patroli yang berjalan dari alun-alun dan melintas di Jalan Majapahit Kota Mojokerto sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) pengawalan.

”Kita ambil kesimpulan, bahwa pengawalan tahanan yang dilakukan pihak kepolisian sudah sesuai SOP," katanya Kamis (10/1). Menurut Sigit, kecelakaan tepat di traffic light pertemuan Jalan Kartini-Jalan Majapahit berawal saat mobil patroli mengawal mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto dari Lapas Kelas II B Mojokerto.

Rombongan ini hendak menuju Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto di Jalan RA Basuni, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Mengantar para tahanan yang akan mengikuti agenda persidangan pidana umum.

"Kronologinya juga jelas. Dari keterangan warga dan rekaman CCTV (closed circuit televison)," tambahnya. Dengan demikian, pihaknya menduga, tabrakan yang terjadi sekitar pukul 10.01 WIB ini akibat kelalaian dari pengemudi truk nopol W 2183 UC, semula berjalan dari Jalan Kartini menuju Jalan WR Supratman.

Sehingga, secara spesifik, lanjut Sigit, sopir truk tidak memahami perioritas penggunaan jalan. Menyusul, dalam UU No 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan. Dalam undang-undang tersebut juga mengatur tentang prioritas pengguna jalan.

Salah satunya saat petugas kepolisian sedang menjalankan tugas penegakan hukum. Termasuk melakukan pengawalan tahanan. "Tapi, Alhamdulillah tidak sampai ada korban luka atau jiwa. Hanya (petugas yang mengawal) sedikit syok saja," tegasnya.

Saat ini, kasus kecelakaan itu sudah ditangani tim Unitlaka Satlantas Polresta Mojokerto. Dengan mengamankan truk, memeriksa sopir truk, dan meminta keterangan saksi-saksi.

”Tentunya, hal ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat Mojokerto, pada umumnya, terutama pengguna jalan,” tandas Sigit. Akibat benturan keras tersebut, mobil patroli mengalami ringsek di bagian pintu ruang kemudi.

(mj/ori/ris/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia