radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Labfor Mabes Polri Datangi Ruko Terbakar, Ini Yang Diamankan

10 Januari 2019, 14: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya melakukan olah TKP di ruko milik H Takril yang terbakar.

Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya melakukan olah TKP di ruko milik H Takril yang terbakar. (Sofan Kurniawan/Jawa Pos Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Penyebab pasti kebakaran tiga rumah dan toko (ruko) bahan sepatu Sumber Baru di Jalan Raya Majapahit Selatan, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto masih misterius.

Selasa (9/1) Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya turun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di ruko milik H Muhammah Takril, 78, tersebut. Petugas membawa kabel, stop kontak, hingga abu dari dalam lokasi.

Pantauan Jawa Pos Radar Mojokerto, tim berjumlah lima orang itu melakukan proses identifikasi yang dipusatkan di bagian tengah ruko. Tepatnya di area meja kasir. Mereka didampingi anggota Satreskrim Polresta Mojokerto langsung menuju meja kasir yang diduga menjadi lokasi titip awal api muncul hingga terjadi kebakaran pada Minggu malam (6/1).

Petugas nampak mengambil sampel abu di lokasi meja kasir, lalu dimasukkan ke dalam kantong plastik warna putih. Petugas juga memasang tanda nomor di beberapa titik. ’’Ada lima barang bukti yang kami ambil,’’ kata Kepala Tim Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya, Kompol Handi Purwanto.

’’Ada abu, stop kontak, pelaratan listrik, mesin EDC (electronic data capture) dan UPS (uninterruptible power supplay),’’ tambahnya. Menurutnya, kelima alat bukti yang diambil di area kasir di mana titik api kali pertama diketahui muncul tersebut.

Secara otomartis, hal itu bakal menjadi modal awal tim menyelidiki faktor di balik kebakaran. ’’Akan kami analisa terlebih dahulu. Sekarang kami belum bisa menyimpulkan,’’ pungkasnya.

Kasatreskrim Polresta Mojokerto AKP Ade Warokka, menambahkan, olah TKP ini menjadi awal untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. ’’Mereka (tim lapfor) juga yang bisa menyimpulkan. Apa penyebabnya,’’ tandasnya.

Yang jelas, lanjutnya, sejumlah alat bukti, stop kontak, peralatan listrik, mesin EDC dan UPS yang diamankan diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran. ’’Karena dugaan awal memang dipicu arus pendek,’’ pungkasnya. 

(mj/ori/ris/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia