radarmojokerto
icon featured
Sambel Wader

Saatnya Kota Mojokerto Punya Rehabilitasi Narkoba Sendiri

06 Januari 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Rambo Garudo, Rumah Sakit Kamar Medika, Kota Mojokerto.

Rambo Garudo, Rumah Sakit Kamar Medika, Kota Mojokerto. (Rambo Garudo for Jawa Pos Radar Mojokerto)

Kontestan Pilwali Mojokerto 2018 ini kembali ke aktivitas sebelumnya. Memimpin RS Kamar Medika di Jalan Empunala. Tetap memberikan atensi besar terhadap Kota Mojokerto. Tentunya, di bidang pelayanan kesehatan yang menjadi concern-nya selama ini. Berikut petikan bincang-bincang Fendy Hermansyah dengan dr Rambo Garudo.

Kembali ke dunia kesehatan, bagaimana perasaan Anda?

Biasa saja. Karena saya tidak pernah meninggalkan pelayanan kesehatan

Perkembangan layanan kesehatan di Kota Mojokerto sekarang?

Pelayanan kesehatan di Kota Mojokerto makin baik. Sejak beberapa tahun lalu, baik fasilitas kesehatan maupun penyebaran penerima KIS sudah makin merata. Semoga 2019 sudah ini bisa melaksanakan Universal Health Coverage secara penuh

Perbaikan layanan apa saja yang perlu dilakukan?

Salah satunya pemerataan tenaga medis. Baik dokter umum, spesialis, maupun dokter gigi. Pemerintah bisa mengusulkan tenaga dokter spesialis yang belum ada atau tidak rata untuk ditarik ke Kota Mojokerto. Itu bisa meningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Tantangan dunia kesehatan di Kota Mojokerto ke depan?

Pelayanan kesehatan tidak ada batasnya. Selalu harus lebih baik di setiap waktu. Bagaimana kita bisa melayani pasien yang semakin cerdas, makin tinggi standar pelayanan yang diinginkan mereka. Sehingga kita harus berusaha evaluasi untuk lebih baik

Bagi Anda, seberapa pentingnya kesehatan masyarakat?

Kesehatan merupakan pondasi utama manusia selain pendidikan. Dengan kesehatan yang baik, kita semua bisa melakukan kegiatan dasar bermasyarakat dan bekerja.

Akhir-akhir ini marak isu ODGJ dan terlibat narkoba?

Narkoba bisa menjadi salah satu penyebab ODGJ. Narkoba itu permasalahan bangsa, bukan hanya Polri dan BNN. Tapi, kita semua wajib ikut andil dalam memberantas narkoba. Kota Mojokerto alangkah bagusnya jika memiliki klinik rehabilitasi narkoba. Semoga ada yang peduli terhadap para pengguna narkoba ini. Sehingga bisa menekan populasi pengguna narkoba di Kota Mojokerto.

Ada tips dalam menjaga kesehatan bagi warga perkotaan?

Pertama, jaga pola makan yang baik. Baik jumlah, jenis, dan kadar gizi yang sempurna. Kedua, pola tidur yang baik dan benar, 7-8 jam di malam hari. Ketiga, olahraga yang cukup, dan keempat, refreshing atau piknik. 

(mj/fen/ris/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia