Rabu, 20 Mar 2019
radarmojokerto
icon featured
Journey

Segarnya Air Panas Alami Curug Jodo Subang

05 Januari 2019, 03: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Pengunjung saat menikmati destinasi Curug Jodo Bandung.

Pengunjung saat menikmati destinasi Curug Jodo Bandung. (Muklisin/Jawa Pos Radar Mojokerto)

KAWASAN Bandung dan sekitarnya dikenal kaya akan destinasi wisata. Salah satunya adalah Curug Jodo yang terletak di Desa Sari Ater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. 

Dalam bahasa Sunda, Curug mempunyai arti air terjun. Karena itu, daya tarik utama Curug Jodo adalah waterfall atau air terjunnya. Nama Curug Jodo sendiri juga tidak lepas dari sejarah atau mitos yang mengiringinya.

Kebanyakan warga setempat menganggap, Curug Jodo sebagai tempat ideal untuk ritual bagi mereka yang ingin mendapatkan jodoh. Namun selain ritual mencari jodoh, berbagai ritual lain juga kerap digelar masyarakat di tempat ini.

Lepas dari mitos yang melatarinya, Curug Jodo sangat layak untuk dikunjungi. Apalagi Curug Jodo berada dalam satu kawasan dengan obyek wisata terkenal di Bandung, yakni Air Panas Sari Ater.

Lokasi ini berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Bandung. Atau sekitar 45 menit perjalanan jika jalan dalam kondisi normal alias tidak macet. Hawa sejuk langsung menyapa, begitu memasuki kawasan wisata ini.

Curug Jodo yang berada di lereng gunung Tangkuban Perahu dengan ketinggian 1.100 mdpl mempunyai suhu rata-rata dikisaran 16-20 derajat Celcius. Menyejukan di saat siang yang panas, tapi juga cukup menggigit tulang di kala malam.

Namun berendam air panas yang mengalir di sungai sekitar curug, cukup untuk menghangatkan badan. ’’Guyuran air panasnya juga bisa menghilangkan pegal dan capek selama perjalanan,” kata Muklisin, salah satu pengunjung dari Mojokerto.

Selain dari curug, pengunjung juga bisa menikmati percikan air panas alami ini dibeberapa tempat lainnya. Sebabnya pengelola sudah menyiapkan banyak gentong air yang didesain sedemikian rupa untuk mengalirkan air di beberapa sudut.

Pengunjung yang ingin menikmati guyuran air hangat, tinggal berdiri di bawahnya. Untuk menikmati segarnya air panas alami di Curug Jodo, pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hanya cukup membayar tiket sebesar 17 ribu rupiah perorangnya.

Sementara untuk parkir, hanya dikenakan biaya sebesar 8 ribu untuk motor serta 13 ribu untuk mobil. (nto)

(mj/ron/ris/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia