Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Rusa Timor Bunting, Tahura R. Soerjo Perketat Penjagaan

04 Desember 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Sepasang Rusa Timor bersama petugas Tahura berada di sekitar Wisata Air Terjun Watu Lumpang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Sepasang Rusa Timor bersama petugas Tahura berada di sekitar Wisata Air Terjun Watu Lumpang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. (Abe Arsyad Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Beberapa waktu lalu, 10 ekor Rusa Timor dilepas di wilayah hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dari sepuluh ekor atau lima pasang Rusa Timor tersebut, satu betina terpantau bunting.

’’Ada satu ekor betina yang bunting. Bersama dengan satu jantan pasangannya, sepasang rusa itu selalu berada di dekat Wisata Air Terjun Watu Lumpang,’’ kata  Koordinator Konservasi Pengembangan dan Pemanfaatan Hutan (KPPH) Tahura R. Soerjo, Adi Sutriso.

Karena itu, petugas Tahura mulai memperketat penjagaan terhadap jenis satwa yang dilindungi undang-undang tersebut. Menyusul populasi Rusa Timor di Indonesia sudah sangat langka. Selain itu, pemantauan dilakukan untuk menjaga agar rusa tersebut bebas dari ancaman-ancaman.

’’Kita pantau terus sama teman-teman. Semoga tidak pemburu. Kalau ada itu berarti tidak punya peri kemanusiaaan,’’ katanya.

Jika memang ada pemburu yang mengincar bahkan dengan membawa tembak, akan ditindak tegas. Adi mengungkapkan, sempat ada yang melirik rusa pasca pelepasan beberapa waktu lalu.

Namun, petugas memergoki dan mendekatinya. Akhirnya mereka kabur. Selain itu, ada juga ancaman dari binatang lain. Yaitu, anjing-anjing liar.

Manto, pemandu objek Wisata Tahura R. Soerjo, menambahkan, setidaknya ada lima personel yang tiap hari melakukan patroli dan penyisiran. ’’Mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00,’’ katanya.

Sempat ada dua ekor anjing liar yang hendak memburu rusa tersebut, akhirnya ditembak oleh petugas. Namun, sampai saat ini masih ada beberapa anjing yang berkeliaran.

Sementara, beberapa ekor rusa sering nampak di jalanan jalur Pacet-Batu tersebut. Sehingga, petugas memperketat pengawasan dan pemantauan tiap harinya. (sad)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia