Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Journey

Air Terjun Kabejan sampai Kolam Renang di Atas Awan

30 November 2018, 23: 08: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Taman bunga adalahs salah satu destinasi Desa Wisata Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Taman bunga adalahs salah satu destinasi Desa Wisata Jembul, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. (Rizal Amrullah/Radar Mojokerto)

SELAIN objek wisata yang dikelola Pemerintah Daerah, Kabupaten Mojokerto juga memiliki sederet tempat wisata milik desa. Salah satunya adalah Desa Wisata Jembul di Kecamatan Jatirejo.

Bahkan, desa yang terletak di kaki Gunung Anjasmoro tersebut kini menjadi primadona wisata baru di Kabupaten Mojokerto. Dengan hawa sejuk serta suasana khas pegunungannya, Jembul mulai banyak dilirik para pengunjung.

Potensi alam yang ada kini mulai dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Sumber air yang cukup melimpah menjadi andalan untuk dikelola. Kini setidaknya ada 3 objek wisata yang mulai jadi jujugan di desa ini, yakni Air terjun Kabejan, Bukit Pelangi dan Kolam Renang Atas Awan.

Desa Jembul berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Dari pusat Kota Mojokerto, desa ini berjarak sekitar 30 kilometer. Untuk menuju desa ini sebenarnya cukup mudah. Namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Meski akses jalan sudah sangat memadai, namun angkutan umum yang mencapai desa ini bisa dikatakan tidak ada sama sekali.

Begitu masuk jalan desa, pengunjung bakal disuguhi pemandangan yang menyegarkan mata. Rimbunnya pepohonan di lembah sisi kanan jalan menuju desa ini mencipatkan suasana segar khas pegunungan.

Pun demikian dengan bentuk susunan sawah terasiring milik para warga desa. Cukup mengobati segala kepenatan sepanjang perjalanan. Air Terjun Kabejan masih terbilang alami. Suasana segar masih sangat terasa di lokasi ini.

Air terjun ini mempunyai ketinggian curah air mencapai sekitar 7 meter. Untuk menuju Air Terjun Kabejan yang berada di area Perhutani tersebut, pengunjung bisa berjalan kaki sepanjang sekitar 900 meter dari lokasi parkir kendaraan.

Dengan kontur jalan yang menanjak dan pemadangan indahnya. Cukup ideal untuk berolahraga, apalagi saat pagi hari. Namun jika malas, ada alternatif angkutan lain yang tersedia, yaitu dengan ojek warga. Tarifnya juga sangat murah. Berkisar antara 5 ribu sampai 10 ribu rupiah saja.

Masih di kawasan sekitar air terjun, terdapat kolam renang yang juga tak kalah menyegarkan. Airnya sangat alami, sebab berasal dari sumber air asli pegunungan. Namanya Kolam Atas Awan.

Dinamakan demikian karena kolam renang ini digadang-gadang sebagai kolam renang tertinggi di Kabupaten Mojokerto. Fasilitas di kolam renang ini juga cukup lengkap. Terdapat kamar mandi, toilet, warung makanan dan minuman serta spot foto yang sangat menarik. 

Objek lainnya adalah Bukit Pelangi. Dulu bukit ini adalah bukit gersang yang disulap menjadi bukit penuh dengan bunga berwarna-warni. Bukit Pelangi menjadi favorit pengunjung yang hobi berselfie ria.

Pasalnya di bukit ini terdapat banyak tempat spot foto yang menarik. View-nya juga tak kalah dengan objek wisata pegunungan lainnya. Di samping itu, Bukit Pelangi juga paling mudah dijangkau karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi parkir kendaraan. (nto)

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia