Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Jangan Baca

Malu Punya Suami Banyak Utang

28 November 2018, 22: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Radar Mojokerto)

UTANG bagaikan hantu bagi siapa saja. Sedikit atau banyak, utang adalah tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Nampaknya hal itulah yang kini menimpa keluarga Tulkiyem (samaran) 28, warga asal Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, setelah dinikahi Mukiyo (samaran) 30.

Tulkiyem menceritakan, di awal penikahan dirinya sangat bahagia karena merasa suaminya tidak memiliki tanggungan apa pun kepada orang lain.

”Lha iku, aku gak ngerti, nek bojoku akeh utange,’’ katanya. Namun, setelah pernikahan menginjak usia satu tahun, dirinya dikejutkan dengan silih bergantinya orang datang ke rumah mencari suaminya. Apalagi kedatangan mereka untuk menagih utang.

Banyaknya tamu tak diundang ini pun membuat Tulkiyem shock. Pasalnya, selain dari awal pernikahan dirinya tidak tahu menahu, utang suaminya juga terbilang tidak sedikit.

”Aku yo gak paham. Iku utang opo ae,’’ tambahnya. Suatu saat hari dia sempat menanyakan utang-utang tersebut kepada suaminya. Dia kemudian mendapat jawaban jika utang-utang itu dilakukan sebelum menikah.

Meski begitu, Mukiyo terus berusaha meyakinkan istrinya. Dengan mengaku semua tanggungannya bakal dilunasi. Namun, lama-lama Tulkiyem kehilangan kesabaran.

Dia seolah menanggung malu kepada tetangga, karena hampir setiap hari kedatangan tamu dengan menagih utang suaminya. Di sisi lain, belakangan ini pendapatan suaminya dinilai juga tidak seberapa.

Dari situ, Tulkiyem mengaku tidak kuat lagi hidup bersama Mukiyo. Hingga akhirnya meminta suaminya untuk menceraikan. ”Aku isin se, bendino ditagih uwong,’’ jelasnya.

Memang, dia merasa jalan perpisahan ini pilihan yang berat. Namun, karena Tulkiyem sudah tidak percaya lagi dengan janji suaminya yang mampu melunasi utang, dia memutuskan jalan perpisahan.

Tidak ingin memperpanjang masalah dengan para penagih hutang. ”Yo wes males ae pokoke,’’ ujarnya. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia