Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Jangan Baca

Menantu Berani dengan Ibu Mertua

27 November 2018, 21: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ilustrasi

Ilustrasi (Istimewa/Radar Mojokerto)

Udan-udan enake mangan putu

Putune dilemeki godong gedang

Dadi mantu kudu iso nggugu ibu

Ben uripe keluarga gak nylentang 

SETELAH menikah, mertua adalah orang tua yang sama-sama wajib dihormati laiknya ibu kandung. Apa pun alasannya, mertua adalah orang yang sudah memberikan restu dan doa demi kebahagiaan keluarga.

Keluarga Mukiyo (samaran), 26, warga asal Kacamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto pernah mengalami pengalaman pahit.

Tepatnya setelah dia menikahi Tulkiyem (samaran), 24, dua tahun lalu. Mukiyo menceritakan, sebelum menikah, Tulkiyem nampak seperti perempuan yang selalu sayang, hangat, dan sangat menghargai orang tuanya.

Khusunya ibu. Namun, setelah menikah, dia tidak habis pikir jika sifat buruk istrinya mulai terkuak. Ya, dia bukan hanya tidak hormat kepada orang tua Mukiyo. Namun juga sering membentaknya.

Awalnya, Mukyo tidak percaya dengan hal itu. Pasalnya, baru mendengar cerita dari sang ibu. ”Iyo wong tuoku cerito karo aku,’’ katanya. Namun satu minggu lalu dia melihat dari mata kepalanya sendiri.

Bila sosok istrinya tidak seperti yang dibayangkan di awal-awal sebelum menikah. Mukiyo marah setelah melihat ibu tercinta dibentak istrinya yang semula dianggap baik. Padahal penyebabnya sepele.

Hanya gara-gara lupa mematikan kompor setelah memasak di dapur. ”Wes ora paham blas aku karo bojoku iku,’’ jelasnya. Dari masalah itu, Mukiyo yang menganggap ibunya tersebut adalah harga dirinya, seketika menilai berbeda sang istri. Hingga akhirnya berujung pada perceraian.

”Yo ora sudi blas wong tuoku dibentak-bentak ngunu,’’ ujarnya.  Awalnya, keputusan itu dilarang ibunya. Dengan harapan sikap dan perilaku istrinya berubah.

Namun karena nasi terlanjur menjadi bubur, Mukiyo pun tetap melangkahkan kaki menuju Pengadilan Agama (PA) Mojokerto. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia