Rabu, 19 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Jangan Baca

Suamiku Lupa Jalan Pulang ke Rumah

24 November 2018, 22: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Istimewa/Radar Mojokerto

Istimewa/Radar Mojokerto (Ilustrasi)

Tuku terasi nang Meduro

Trasine ireng sedep rasane

Urip kadang enak kadang soro

Sing penting kumpul keluargane  

BERKUMPUL dengan keluarga adalah momen yang berharga. Namun ada kalanya tak bisa berkumpul karena alasan sedang mencari nafkah. Boleh saja. Asal tidak melupakan yang ada di rumah.

Nampaknya cerita itu yang kini menghantui Tulkiyem (samaran), 27, warga asal Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto setelah menikah dengan Mukiyo (samaran) 30.

Dulu, setelah baru menikah, Tulkiyem merasa hidupnya bahagia karena selalu bersama suaminya. Dalam suka maupun duka. Namun setalah suaminya memilih bekerja di Kalimantan, semuanya berbeda.

Keluarganya seolah dihantui kehampaan. ”Yo mbuh kerja opo, aku ora paham,’’ katanya. Dia mengakui awalnya setelah menikah, suaminya masih bekerja sebagai penjual baju di dekat Alun-Alun Kota Mojokerto.

Pendapatanya pun terbilang lumayan. ”Yo baju-baju arek cilik ngunu. Jenise macem-macem,’’ tambahnya. Tapi, tak tahu siapa yang membujuk. Dua tahun lalu suaminya meminta izin untuk bekerja di Kalimantan.

Mendengar itu, semula Tulkiyem tidak mengizinkan. Namun karena Mukiyo memaksa dia pun tidak bisa membendung keinginan sang suami. ”Aku yo wes ngelarang, tapi bojoku tetep mekso,’’ jelasnya.

Selama dua tahun di Kalimantan, Tulkiyem tak jarang meminta suaminya pulang. Dengan kembali bekerja di Mojokerto agar setiap hari bisa ketemu keluarga.

Namun hingga kini Mukiyo belum mau pulang. Alasannya pendapatannya di Kalimantan lebih tinggi. ”Yo mesti pendapatan nang Kalimantan luwih akeh,’’ paparnya.

Karena tak kunjung pulang, Tulkiyem pun memutuskan menggugat cerai suaminya. Dengan alasan sudah tidak ada yang diharapkan lagi dari sosok Mukiyo. ”Aku wes mangkel. Ditinggal dewean iku ora penak,” tandasnya. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia