Minggu, 16 Dec 2018
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Ditinggal Garap Sawah, Rumah Petani Terbakar

16 November 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Genting dan sisa perabotan yang terbakar dibersihkan oleh warga setempat

Genting dan sisa perabotan yang terbakar dibersihkan oleh warga setempat (Abe Arsyad Radar Mojokerto)

GONDANG - Rumah milik Dhofir, warga Dusun Kesono, Desa Bakalan, Kecamatan Gondang, hangus terbakar, Kamis (15/11). Kejadian tersebut diduga disebabkan korsleting listrik. Akibatnya, seluruh perabotan dan isi rumah ludes.

Kejadian itu diketahui kali pertama oleh Ngatminah, tetangga korban. Ngatminah yang saat itu tepat di depan rumah Dhofir melihat asap mengepul dan titik api yang lumayan besar pada ujung rumah korban.

’’Pukul 11.00 pas saya kebetulan ada di depan rumahnya Pak Dhofir, saya lihat api di atas. Saya langsung teriak-teriak ke semuanya,’’ katanya.

Warga yang mendengar teriakannya seketika mendatangi rumah korban. Dengan alat seadanya, warga mencoba memadamkan api yang menjalar dari atas.

Sayangnya, kayu usuk dan bagian rumah yang masih ada apinya itu roboh tepat di atas kasur di dua kamar. ’’Isinya kasur, selimut dan baju-baju. Semuanya langsung terbakar habis sebelum warga sempat memadamkannya,’’ ungkap Ngatminah.

Awalnya, Dhofir tidak tahu kalau rumahnya terbakar. Korban saat itu sedang ke sawah. Dan rumah dalam kondisi kosong. ’’Pas saya masih di sabin (sawah), saya dikasih tahu tetangga kalau rumah saya terbakar,’’ ungkap Dhofir.

Mendengar kabar tersebut, dia bergegas pulang menuju rumahnya. Bersama warga lainnya dia ikut memadamkan api sebisanya. Kebetulan, di sekitar rumah ada aliran air sungai yang bisa digunakan warga setempat untuk memadamkan apinya.

Akhirnya, api bisa padam pukul 12.30 atas upaya warga setempat. Meskipun api sudah padam, seluruh isi rumah milik Dhofir ludes. Nyaris semua genting rumah ambrol pecah di lantai.

’’Empat kamar dan satu ruang tamu terbakar. Ini empat kasur dan baju-baju juga habis terbakar,’’ katanya.

Selain itu, dua jok motor hangus.  Atas kejadian tersebut, total kerugian yang diderita korban ditaksir sekitar Rp 25 Juta. (sad)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia