Rabu, 14 Nov 2018
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Bule Amerika Mengajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah

Selasa, 06 Nov 2018 21:30 | editor : Mochamad Chariris

Bule Amerika Mengajar Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah

MOJOKERTO - Dari awal bulan Desember ini para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mojosari akan merasakan suasana berbeda dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Pasalnya, hingga dua tahun ke depan, guru mata pelajaran bahasa Inggris akan disampaikan langsung relawan Peace Corps dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

Salah satu guru mata pelajaran bahasa Inggris MAN 1 Mojosari Eni mengaku senang karena sekolahnya terpilih menjadi salah satu objek relawan Peace Corps dari AS mengabdi.

Dengan kedatangan relawan ini, besar kemungkinan anak didiknya lebih semangat dalam belajar di kelas. Khususnya di bidang mata pelajaran bahasa Inggris.

”Amerika itu punya semacam organisasi yang sudah bekerja sama dengan Indonesia di bidang pendidikan,’’ katanya Senin (5/11). Mereka bekerja sama dengan departemen pendidikan di Indonesia.

Seperti Dinas Pendidikan (Diknas) dan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengajar di sekolah-sekolah Indonesia. Eni menyatakan, dari informasi yang didapat, para relawan ini mencapai fase pengiriman ke Indonesia.

Karena proses awalnya juga sangat panjang. Mulai tahapan seleksi kelayakan, hingga memenuhi syarat tertentu. Relawan Peace Corps juga tidak ditempatkan di sembarang wilayah. Ada seleksi tempat yang kemungkinan besar tempat tersebut harus aman untuk mengajar.

”Iya, tentu soal tempat pasti selektif. Ditakutkan ada apa-apa’’ tambahnya. Dia mengaku, untuk tahun ini, Amerika mengirim relawan Peace Corps sebanyak 57 orang ke Indonesia bertugas membantu mengajar. Dari sejak bulan lalu mereka sudah tersebar seluruh wilayah di Indonesia.

”Yang sudah ada sekarang itu di NTB dan Jabar. Kebetulan di Jatim itu yang dapat ada di Surabaya, Jember dan Mojokerto,’’ jelasnya. Untuk start mengajar, papar Eni, akan dimulai awal bulan Desember hingga dua tahun ke depan.

”Kemungkinan besar hingga dua tahunan’’ tuturnya. Jawa Pos Radar Mojokerto berkesempatan bertemu dengan relawan Peace Corps dari AS tersebut di Kantor Kemanag Kabuapeten Mojokerto, Ana Boanddi. Bule 23 tahun ini berasal dari Now York.

Dia mengaku senang di tempatkan di Kabupaten Mojokerto. Dari hari pertama datang, sangat terkesan dengan energi positif ketika melihat para guru di MAN 1 Mojosari. Karena menyambutnya dengan hangat. ”Perasaan saya suka Indonesia dan juga Mojokerto,’’ kata Ana sapaan Ana Boanddi.

Dia mengaku usianya terbilang masih cukup muda. Namun, dia sudah berhasil lulus di dua Universitas di AS. ”Saya sudah melakukan kuliah dua kali di sana (AS, Red), ujarnya. (ras)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia