Rabu, 14 Nov 2018
radarmojokerto
icon featured
Politik

Gagal di Pilwali, Putri Abdul Gani Nyaleg lewat Demokrat

Rabu, 18 Jul 2018 19:30 | editor : Mochamad Chariris

Ade Ria Suryani (kanan) bersama Andy Seobjakto saat mendaftar pilwali di KPU Kota Mojokerto.

Ade Ria Suryani (kanan) bersama Andy Seobjakto saat mendaftar pilwali di KPU Kota Mojokerto. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO- Pasca gagal bertarung di Pilwali Kota Mojokerto, 27 Juni lalu,  Ade Ria Suryani tak berhenti mencari peruntungan di dunia politik. Kemarin, dia mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) tahun 2019.

Diusung Partai Demokrat, putri sulung mantan Wali Kota Abdul Gani Soehartono ini mendaftar bersamaan dengan fungsionaris partai berlambang merci ini ke kantor KPU Kabupaten Mojokerto di Jalan RAAK Adinegoro, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto Ayub Busono membenarkan adanya pencalonan Ade Ria dalam pencalegan kali ini. Menurutnya, Ade Ria memiliki potensi karena sudah cukup berpengalaman dalam pilwali. Ria tak sendirian. Kata Ayub, Demokrat mengusung 26 caleg perempuan dari total 50 bacaleg yang didaftarkan. ’’Dari keseluruhan bacaleg, keterwakilan perempuan mencapai 52 persen,’’ jelasnya.

Kualitas 50 orang itu, kata Ayub, juga tak diragukan. Mereka adalah kader partai yang sudah mumpuni dan berlabel sebagai petarung di dunia politik.  Sehingga dengan kualitas yang baik, jumlah anggota dewan yang saat ini sebanyak 6 kursi, ditargetkan naik menjadi  10 kursi. ’’Tiap dapil (daerah pemilihan), dua kursilah. Target ini sangat rasional,’’ sebutnya.

Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Ayuhanafiq membenarkan adanya bacaleg bernama Ade Ria Suryani. Dia diusung Demokrat dan berada di Dapil III dengan wilayah Kecamatan Trowulan, Sooko dan Puri. ’’Yang bersangkutan berada di nomor 4,’’ ungkapnya. Bertarung di dapil ini, Ade Ria akan bersaing dengan sejumlah incumben. Di antaranya, Aang Rusli Ubaidillah. Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto ini berada di nomor urut 2. Sementara, Joko Amperanto yang berada di urutan pertama, dan Mamik Purwanti berada diurutan ke tiga.

Perlu diketahui, Ade Ria sebelumnya telah mengalami kekalahan dalam pilwali yang digelar 27 Juni lalu. Dia menjadi calon wakil walikota mendampingi Andy Soebjakto. Paslon bernomor urut 2 ini diusung PKB, Demokrat, dan PPP. 

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia