Jumat, 16 Nov 2018
radarmojokerto
icon featured
Journey

Merasakan Bangsring Underwater, Eksotisme Bawah Laut Selat Bali

Sabtu, 14 Apr 2018 19:00 | editor : Mochamad Chariris

Kru Jawa Pos saat menikmati panorama laut di Bangsring Underwater, Banyuwangi.

Kru Jawa Pos saat menikmati panorama laut di Bangsring Underwater, Banyuwangi. (Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Keindahan Banyuwangi. Kabupaten di ujung paling timur Pulau Jawa, menyimpan banyak destinasi wisata yang eksotis. Bahkan beberapa di antaranya sudah mendunia.

Sebut saja Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade. Kini, menyusul lagi satu destinasi wisata yang menjadi jujukan wisatawan. Yakni, Pantai Bangsring yang berada di pesisir Selat Bali.

Pantai ini kini mulai mendunia dengan Bangsring Underwater-nya atau yang lebih dikenal dengan Bunder. Terletak di  Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Bunder sebenarnya merupakan area konservasi terumbu karang.

Konservasi ini masih sangat terjaga. Apalagi pengelolaannya melibatkan langsung para nelayan tradisional setempat. Kelompok nelayan ini pula yang menamakan wisata ini sebagai Bangsring Underwater. Untuk menuju kawasan ini juga cukup mudah. Berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. 

Area konservasi Bunder mempunyai luas sekitar 15 hektare dengan kedalaman antara 2 meter hingga 15 meter. Dari terumbu karang bisa ditemui beragam biota laut dengan berbagai keindahannya.

Air laut Pantai Bangsring yang masih jernih, membuat keindahan bawah laut ini bisa dilihat dari kedalaman hanya sekitar kurang dari 1 meter. ’’Alam bawah laut Bunder memang indah. Sekitar 5 meter dari pantai saja udah kelihatan bermacam ikan laut yang indah,’’ kata Fredi Hariawan, salah satu wisatawan dari Mojokerto. (nto)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia