Kamis, 15 Nov 2018
radarmojokerto
icon featured
Lifestyle

Air Terjun Surodadu Pacet, Suguhkan Dua Keindahan

Sabtu, 24 Mar 2018 02:45 | editor : Mochamad Chariris

Pengunjung berfoto di depan destinasi Air Terjun Surodadu Pacet, Kab. Mojokerto.

Pengunjung berfoto di depan destinasi Air Terjun Surodadu Pacet, Kab. Mojokerto. (Rinto/Radar Mojokerto)

KABUPATEN MOJOKERTO sebenarnya cukup kaya akan destinasi wisata alamnya. Deretan pegunungan yang membentang di sepanjang kabupaten ini menjanjikan keindahan hampir di setiap lerengnya.

Salah satunya adalah Air Terjun Surodadu yang berada di lereng Gunung Welirang. Tepatnya di dusun Mligi, desa Claket, kecamatan Pacet. Atau hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Mojokerto. Selain itu akses jalan menuju kawasan air terjun ini juga relatif lebar dan mulus.         

Setidaknya ada dua pesona keindahan yang bisa dinikmati pengunjung di Air Terjun Surodadu, yaitu hutan bambu yang masih terjaga keasriannya serta yang utama tentu saja air terjun.

Suasana rindang hutan bambu langsung menyapa pengunjung begitu memasuki kawasan Air Terjun Surodadu. Pasalnya di kiri dan kanan sepanjang jalan setapak menuju air terjun, masih dipenuhi ribuan tanaman bambu yang begitu terjaga kelestariannya.

Selain rimbunnya hutan bambu, daya tarik lain dari air terjun Surodadu adanya dua mata air yang mengalir kebawah. Satu mata air berada di atas lereng dan satunya berada di bawah lereng.

Kedua mata air tersebut yang membentuk dua air terjun yang terpisah. Masing-masing berketinggian sekitar 3 meter dan 15 meter. Selain jernih, kolam sekitar air terjun juga terbilang lumayan lebar. Cukup mengundang pengunjung menikmati kesegaran guyuran air terjun.

Untuk menuju lokasi air terjun pertama, pengunjung mesti menyusuri jalan setapak sepanjang sekitar 100 meter dari tempat parkir. Disini pengunjung akan disuguhkan pemandangan menyegarkan dari guyuran air terjun setinggi 3 meter.

Karena termasuk air terjun kecil, pengelola menamakan air terjun ini dengan Air Terjun Mini Surodadu. Baru jika melangkah lebih mendaki lagi, pengunjung akan disuguhkan indahnya air terjun yang kedua atau yang utama.

Berbeda dengan air terjun pertama, ketinggian air terjun kedua ini mencapai hingga 15 meter. Lokasi antara kedua air terjun ini sebenarnya sangat dekat, hanya berjarak sekitar 100 meter saja. Suguhan dua air terjun ini menjadi daya tarik utama Air Terjun Surodadu.

Tak heran, meski baru beberapa saat di buka, Air Terjun Surodadu mampu menarik perhatian. Nyaris setiap hari kawasan wisata ini dipadati para pengunjung, baik dari Mojokerto maupun berbagai kota sekitarnya.

’’Di sini memang terasa sejuk dan menyegarkan,” kata Aan, salah seorang pengunjung dari Mojokerto yang mengajak rombongan teman-teman komunitas otomotifnya. Selain itu, bagi Aan dan teman-temannya, tiket masuk air terjun ini juga masih sangat murah. ’’Cukup bayar Rp 5 ribu per orangnya,” tukas Aan. (nto)

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia