Minggu, 21 Apr 2019
radarmojokerto
icon featured
Politik
Bacalon Kontestan Pilwali Mojokerto 2018

Andy-Ade Ria Janji Tingkatkan SDM dan Ekonomi

11 Januari 2018, 23: 45: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryani, resmi mendaftar di KPU Kota Mojokerto

Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryani, resmi mendaftar di KPU Kota Mojokerto (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Pasangan Bacawali dan Bacawawali, Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryani, resmi mendaftar di KPU Kota Mojokerto, Rabu (10/1) petang.

Paslon yang diusung tiga parpol ini mengandalkan sejumlah program pembangunan. Anggaran 15 persen APBD bakal dialokasikan untuk ekonomi kerakyatan. Ketiga parpol yang menjadi pengusung paslon ini adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain didampingi pengurus parpol dan simpatisan, pendaftaran paslon ini juga mendapat pengawalan dari mantan Wali Kota Mojokerto Abdul Gani Soehartono. Dengan menggunakan setelan putih hitam, mantan Wali Kota Mojokerto dua periode ini turut berjalan kaki dari kediamannya di Jalan Benteng Pancasila ke kantor KPU Kota Mojokerto.

Pasca penyerahan syarat pendaftaran, Bakal Calon Wali Kota Andy Soebjakto Molanggato menegasan, pembangunan di Kota Mojokerto membutuhkan langkah-langkah strategis. Karena, demografi kota sangat berbeda dengan daerah lain. ’’Sehingga, peningkatan SDM dan ekonomi yang harus ditingkatkan,’’ ujarnya.

Pembangunan ekonomi, kata dia, harus disentuh dengan anggaran pemerintah. Alokasi anggaran APBD minimal 15 persen harus digerojok untuk anggaran permodalan masyarakat. Alasannya, di Kota Mojokerto, sejumlah sektor bisnis sudah berjalan apik. Di antaranya, sektor jasa dan industri. ’’Maka, sektor ini yang harus kita tingkatkan,’’ imbuh alumnus

Bagi dia, Kota Mojokerto sudah dibangun dengan sangat baik oleh wali kota sebelumnya. Mulai dari Abdul Gani Soehartono yang sudah menjabat dua periode, dan pembangunan terakhir dilakukan Mas’ud Yunus.

Terkait dengan target perolehan suara nanti, Andy mengaku, sangat realistis. Jika pertarungan di momen pilwali kali ini dilakukan empat pasangan, maka ia mampu memperoleh suara 36 hingga 40 persen. ’’Saya tidak muluk-muluk. Realistis saja,’’ terangnya.

Kalkulasi itu terlihat dari besaran perolehan jumlah kursi partai pendukung. Dari tiga parpol pengusung, terdapat tujuh kursi keterwakilan dewan. Kandidat ini pun tercatat sebagai pasangan yang mendapat dukungan terbesar dari parpol.

Sementara itu, Abdul Gani Soehartono menambahkan, akan total memberikan dukungan terhadap putri sulungnya yang mencalonkan diri sebagai wakil wali kota tersebut. Bahkan, ia sangat siap jika dipercaya sebagai juru kampanye nanti.

Selain harus rela kembali turun ke dunia politik, Abdul Gani yang pernah memimpin Kota Mojokerto selama dua periode tersebut, diyakini masih memiliki basis massa yang cukup besar. ’’Semua masih bisa diajak. Tentunya akan saya ajak komunikasi lagi,’’ paparnya.

(mj/ron/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia