Belasan Umpak Tercecer, Khawatir Dijarah, Ini Fotonya

MOJOKERTO – Situs kepurbakalaan berupa umpak bekas sebuah pemukiman zaman kuno kembali ditemukan. Di Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, warga menemukan belasan benda cagar budaya (BCB) diduga peninggalan sebuah pemukiman era Kerajaan Majapahit.

Umpak-umpak berbahan batu jenis andesit itu ditemukan di areal pertanian. ’’Lumayan banyak, ada sekitar 15 umpak,’’ ungkap Candra Andi Lugis, Ketua Mojopahit Lelono (MOLE), Senin (15/5).

Belasan umpak tersebut sudah lama ditemukan warga saat menggarap sawah. Bahkan, dari hasil penggalian informasi di sejumlah warga, tepat sekitar 200 meter di sisi utara lokasi temuan umpak, terdapat sebuah punden. ’’Jenisnya juga sama, batu andesit,’’ ujarnya.

Hanya saja, meski sudah dilaporkan kepada pemangku kepurbakalaan, sejauh ini belum ada proses evakuasi atau pemindahan umpak-umpak ke lokasi lebih aman. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto maupun Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) di Trowulan, juga belum memberikan respons.

’’Sempat didatangi, tapi hanya di foto-foto saja untuk dokumen. Tidak sampai dievakuasi ke tempat lebih aman. Khawatirnya kan dijarah orang seperti di lokasi lain,’’ sesal Candra.

Padahal, jika melihat bentuknya yang unik dan berbeda dengan umpak lain, BCB tersebut diyakini menyimpan nilai sejarah tinggi. ’’Posisinya masih di ruang terbuka dan tercecer,’’ katanya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar