Enam Tahun, Kholipah Belajar Sendiri di Kelas

MOJOKERTO – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) jenjang SD/MI digelar secara mulai kemarin Senin (15/5). Pemandangan berbeda terlihat di SDN Tanjungkenongo 2, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Di SDN tersebut, US hanya diikuti satu peserta.

Kepala SDN Tanjungkenongo 2, Suharno, mengatakan, satu-satunya peserta US adalah Kholipah, 12, asal desa setempat. Meski menjadi peserta tunggal, tidak ada perlakuan berbeda dalam pelaksanaan US.

Menurutnya, semua dijalankan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan US. ’’Ya, pelaksanaannya sama dengan SD yang lain. Meski hanya satu siswa. Aturannya tetap dijaga dua pengawas,’’ ungkapnya.

Pengawas tersebut juga dilakukan silang penuh. Masing-masing dari SDN Kembangbelor dan dan MI Candiwatu, Kecamatan Pacet. Pun demikian dengan pengambilan naskah soal ujian. Pihak sekolah juga harus mengambilnya ke kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Dispendik) Kecamatan Pacet.

Suharno menjelaskan, selama enam tahun, Kholifah memang menempuh kegiatan belajar mengajar sendirian. ’’Dari awal dia (Kholipah, Red) memang sendiri. Tahun sebelumnya ada enam siswa yang US,’’ ungkapnya.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir sekolah yang berada di Jalan Goa Putih, Dusun Sumber Glagah, Desa Tanjungkenongo itu, mengalami kekurangan siswa.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar