Uang Baru Diserbu Kalangan PNS

MOJOKERTO - Ada yang berbeda di Pendapa Pemkot Mojokerto, Rabu (19/4). Pegawai negeri sipil (PNS) tampak berbondong-bondong menuju mobil truk berwarna gelap yang mangkal persis di depan pintu pendapa. Ada apa gerangan?

Ternyata, pegawai itu masuk menuju pintu mobil truk sambil membawa uang. Di situ, mereka menukarkan uang dengan uang seri terbaru yang diluncurkan Bank Indonesia (BI) akhir tahun 2016 lalu.

Mereka mengantre menukarkan uang dengan pecahan uang terbaru. Ada yang tukar uang sendiri, ada pula menukarkan uang dalam jumlah besar hasil titip kolega.vSukirman, salah seorang pegawai mengatakan, sengaja menukarkan uang pecahan terbaru hasil penitipan teman-temannya.

"Kebetulan ada penukaran uang baru oleh Bank Indonesia. Teman-teman sekalian titip juga," ujarnya di lokasi. Desi, seorang pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) juga mengaku sengaja memanfaatkan mobil layanan penukaran uang keliling.

Uang Rp 2 juta miliknya ditukar dengan uang baru pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 5 ribu. "Ini tukar agak banyak sekalian persiapan untuk Lebaran nanti," ujar dia.

Sementara, Ferry Adhi Wibowo Analis Bank Indonesia perwakilan Surabaya mengatakan, BI secara rutin keliling membuka pelayanan penukaran uang dengan layanan mobil truk keliling.

 "Setiap bulan kami rutin menggunakan layanan jasa penukaran uang keliling ke kota-kota. Fungsinya, agar uang beredar di masyarakat kondisinya layak. Kebetulan juga masyarakat bisa tukarkan dengan uang baru tanpa biaya," ujarnya. (fen/ris)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar