Target Bebas Pasung Meleset

MOJOKERTO – Target bebas pasung tahun 2017 yang dipasang Kementerian Sosial, gagal dipenuhi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto. Hingga saat ini, sejumlah orang yang dipasung masih banyak ditemukan di wilayah dengan 18 kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto Sulistyawati, saat dikonfirmasi mengatakan, sepanjang tahun 2017 ini sudah membebaskan sebanyak 23 orang dengan gangguan jiwa yang dipasung keluarganya.

Meski sudah cukup banyak yang dibebaskan, namun Kabupaten Mojokerto dipastikan belum bersih dari aksi pemasungan. Seperti yang telah diendus petugas dinsos selama sepekan terakhir.

Petugas masih menemukan setidaknya empat orang yang masih dalam jeratan pasung. ’’Ada di kawasan Sooko, dan Puri,’’ ujar Sulis kepada Jawa Pos Radar Mojokerto, kemarin siang.

Empat diantaranya adalah seorang pria paro baya telah dipasung sejak lima tahun silam. Namun, petugas baru menemukan sepekan terakhir. ’’Kami sudah komunikasikan dengan keluarga. Besok (hari ini), rencananya akan kami bebaskan,’’ imbuhnya.

Pembebasan juga direncanakan bakal menjamah seorang korban pasung di kawasan Puskopad, Kecamatan Sooko. Di kawasan ini, pemasungan tak dilakukan dengan cara kuno. Melainkan hanya dikunci dan diasingkan melalui sebuah ruangan khusus.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar