Seperti Bermain Kelereng, Target Masuk Porprov 2019

MOJOKERTO - Begitu awam di telinga masyarakat Mojokerto tentang olahraga asal Prancis ini. Meski belum familiar, namun kehadirannya dinilai mampu membangkitkan prestasi olahraga Kabupaten Mojokerto di tingkat provinsi. Bagaimana bentuknya?

Meski tergolong olahraga baru di Indonesia, cabor asal Prancis ini sebenarnya termasuk olahraga yang sudah punya nama. Di dunia, negara-negara bekas jajahan Prancis cukup kuat dan konsisten mengembangkan permainan tersebut sebagai salah satu daya tarik wisatawan.

Dan, ajang olahraga multi-event, seperti Sea Games, kini telah mengakui olahraga ketangkasan ini telah menjadi satu dari puluhan cabor yang dipertandingkan sejak tahun 2011 silam.

Ya, cabor petanque adalah suatu bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet. Meski kurang familiar, namun olahraga satu ini telah merambah Mojokerto sebagai salah satu cabor yang cukup diminati olahragawan muda, terutama di kalangan pelajar.

Terhitung, tak kurang dari 40 atlet kini telah resmi bergabung dalam sebuah altihan rutin di halaman SDIT Firdaus, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

’’Kalau FOPI sebagai organisasinya memang masih belum terbentuk, dan baru penyusunan pengurus. Tapi, atletnya sudah ada yang ikut latihan. Kurang lebih ada 40-an orang,’’ terang Roby Asmara, salah satu pendiri petanque di Mojokerto.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar