Azwar Anas Beber Kesuksesan Banyuwangi di Mojokerto

MOJOKERTO – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, membeber kesuksesan Banyuwangi dalam pelayanan publik dan pariwisata. Inovasi dinilai sebagai kunci utama dalam dua sektor tersebut.

Hal itu ditegaskan Anas saat memberi motivasi tentang inovasi dan kreativitas kepada ratusan mahasiswa Kabupaten dan Kota Mojokerto di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Anwar, Senin (17/4). Anas membagi pengalaman menumbuhkan budaya inovasi dan kreativitas di daerahnya.

’’Inovasi dan kreativitas adalah satu kesatuan. Inovasi membutuhkan kreativitas. Kreativitas itu berarti tidak menyerah pada keadaan. Tidak mengeluh. Dalam kondisi yang terbatas, bagaimana bisa survive. Itulah kreativitas yang nantinya melahirkan inovasi,’’ kata Anas.

Bupati muda itu, mengatakan, di lingkungan pemerintahan, inovasi dan kreativitas menjadi kata kunci untuk meningkatkan pelayanan publik. ’’Sekarang sudah tidak bisa lagi pelayanan publik yang biasa-biasa saja.

Semua dituntut cepat. Maka kita perlu sikap inovatif dan kreatif. Begitu juga mahasiswa, kalau tidak inovatif dan tidak kreatif, pasti akan kalah dengan mahasiswa lain. Apalagi sekarang era kompetisi global,’’ ujar Anas.

Anas lalu mencontohkan sejumlah inovasi yang lahir di Banyuwangi. Diantaranya, kebijakan pariwisata yang membawa Banyuwangi menjadi juara dunia inovasi kebijakan tingkat dunia dari Badan Pariwisata Perserikatan Bangsa-Bangsa (The United Nations World Tourism Organization/UNWTO) pada 2016 mengalahkan negara-negara lain di dunia.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar