Temukan Wadah Lampu Kerajaan Majapahit
BERITA TERKAIT

 

MOJOKERTO - Mencuatnya penjarahan benda cagar budaya (BCB) di Dusun Bendo, Desa Kumiter, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, dalam beberapa hari belakangan ini membuat BPCB Jatim terus malakukan pengusutan dan pemetaan lapangan.

Dalam peninjauan dan kajian di lapangan selama lima hari ini di lokasi berbeda, tak jauh dari lokasi penjarahan, banyak ditemukan BCB baru. Mulai dari bentuk punden, umpak hingga arca serta tempat lampu masa Kerajaan Majapahit.

Benda-benda tersebut ditemukan warga dan tim di lapangan, tepatnya di semak-semak kebun tebu 200 meter dari lahan yang dikeruk. ’’Dugaan kami, di sini dulunya juga ada pemukiman,’’ ungkap unit Penyelamatan dan Pengamanan BPCB Jatim, Achmad Hariri.

Indikasi sementara hal itu terlihat dari temuan-temuan umpak di sekitar lokasi. Kata dia, hal itu sangat berbeda dengan temuan yang ada di lokasi penggerusakan dan penjarahan, di mana lokasinya berada di sebelah barat.

’’Di sini ada tiga batu umpak masing-masing berukuran 30 sentimeter untuk tinggi dan sisi bawah, dan 25 sentimeter untuk sisi atasnya,’’ tandasnya. Hanya saja, meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan secara gamblang pemukiman seperti apa yang dimaksudkan.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar