USBN, SMK Pakai CBT, SMA dengan Kertas

MOJOKERTO – Persiapan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tingkat SMA sederajat di Kabupaten/Kota Mojokerto tinggal menghitung hari. Ujian bakal dilakukan pada 20-23 Maret ini.

Artinya, dalam sisa waktu kurang dari sepekan semua sekolah harus merampungkan segala persiapan. Kasi Pendidikan Menengah Cabang Dispendik wilayah Kota/Kabupaten Mojokerto, Muhammad Suwanto menjelaskan, pelaksanaan USBN akan terbagi dua konsep.

Yaitu, jenjang SMA dilakukan menggunakan paper test atau kertas, sedangkan SMK bakal menerapkan computer based test (CBT). Dia memaparkan, tahun ini, USBN merupakan ujian pertama kali yang diterapkan oleh sekolah.

Secara umum, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ujian sekolah (US). Hanya saja, terdapat kombinasi soal antara yang dibuat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) provinsi dan soal dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

”Sebanyak 75 persen soal dari MGMP. Sedangkan, 25 persen dari pusat (BNSP),” ujarnya. Penyusunan soal USBN tersebut telah selesai dilakukan Provinsi Jatim. Dan, saat ini, naskah soal sudah didistribusikan ke masing-masing cabang dispendik.

Namun, untuk mempermudah akses pengambilan naskah, pihaknya mengkoordinasikan ke Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Kemudian, dari MKKS akan didistribusikan ke setiap kepala sekolah masing-masing.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar