Siswa Relatif Tua, PKBM Keberatan Ikuti UNBK

MOJOKERTO – Sejumlah lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan program ujian kejar paket B (setara SMP) dan paket C (setara SMA) di Kabupaten Mojokerto mengajukan surat keberatan ke Dinas Pendidikan (Dispendik) setempat.

Hal itu, menyusul wacana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dispendik Kabupaten Mojokerto, Mohammad Jamil mengatakan, pihaknya telah menerima beberapa surat keberatan yang dilayangkan PKBM.

Surat tersebut berisi tentang pernyataan dari setiap lembaga yang merasa belum siap menyelenggarakan UNBK. ”Tahun ini, kementerian memang menyarankan ujian kesetaraan dilakukan berbasis komputer, tapi masih belum ada yang siap,” ungkapnya Jumat (3/3).

Dia menjelaskan, alasan dari ketidaksiapan tersebut disebebkan karena berbagai faktor. Khususnya untuk kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras) berupa perangkat komputer yang tidak dimiliki lembaga.

Bahkan, untuk insfrastruktur saja masih banyak PKBM yang menggabung sekolah lain. Selain itu, kebijakan UNBK juga diumumkan pada tahun ini, sehingga dianggap terlalu mepet.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar