Kirab Agung Nuswantoro Usung Keagungan Majapahit

MOJOKERTO – Kirab Agung Nuswantoro Majapahit 1950 Saka yang digelar tiap bulan Sura, dikemas lebih cantik. Kemarin, peringatan itu tak hanya menampilkan busana serta kesenian khas Kerajaan Majapahit.

Namun, berbagai peragaan batik serta baju daur ulang disuguhkan dalam pergelaran tersebut. Pergelaran yang tersentral di Pendapa Agung Trowulan ini diawali oleh penampilan apik dari sejumlah SMA dan SMK di Kabupaten Mojokerto.

Bak bidadari, deretan gadis-gadis cantik ini menyuguhkan berbagai pertunjukan kolosal tentang keagungan Majapahit. Selain dari kalangan siswa sekolah, sederet sanggar yang selama ini konsisten mengembangkan budaya ala Majapahit, juga ikut unjuk gigi.

Bahkan, beberapa daerah tetangga seperti Kediri, juga ikut berpartisipasi. Kabupaten Kediri yang dahulu merupakan bagian dari wilayah kerajaan Majapahit, membuktikan bahwa Ruwat Agung Nuswantoro menjadi magnet wisata budaya yang ditunggu tiap tahunnya.

’’Kirab Agung Nuswantoro Majapahit ini uri-uri budaya. Ke depan, kita akan gelar lebih menarik lagi. Dan jauh lebih besar,’’ kata Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP).

Dikatakannya, dengan prosesi yang jauh lebih menarik, maka acara rutin tahunan ini diharapkan mampu menyedot berbagai wisatawan dari berbagai penjuru. ’’Dengan infrastruktur yang lebih baik, maka diharapkan mampu membawa wisata jauh lebih dikenal masyarakat luas,’’ papar dia.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar