Buah Khas Penggoda Lidah Banjiri Pasar Tradisional

MOJOKERTO - Memasuki bulan puasa, Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto dibanjiri buah-buahan khas Ramadan. Berton-ton buah-buahan macam melon, semangka, pepaya, hingga blewah distok pedagang hingga masa Ramadan usai.

Pemandangan berbeda langsung terhampar di sekitaran Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto. Praktis, di pinggir Jalan Residen Pamuji hingga area stan buah di sebelah timur, pemandangan buah-buahan yang paling mendominasi. Pedagang meluber di pinggiran jalan sampai stan area dalam.

Di pinggiran depan Pasar, pedagang berjajar. Sebagian diantaranya menjual di atas kendaraan seperti motor dan mobil bak terbuka. Hanya, sebagian besar menata buah dagagannya di atas tanah.

Kios dan lapak pedagang telah dipenuhi aneka buah khas Ramadan. Seperti diantaranya, melon, semangka, papaya, blewah, dan lainnya. Yang paling banyak ditemui seperti semangka, melon, dan blewah. ’’Memang sedang panen raya di daerah penghasil semangka seperti Jombang,’’ ungkap Umi, 28, pedagang setempat, Selasa (6/7).

Harga buah khas Ramadan ini terbilang bervariasi. Namun, diantaranya mengalami kenaikan seperti halnya harga semangka yang mencapai Rp 8.000 per kilogram. Biasanya, boleh diambil dengan harga Rp 6.000 per kilogram.

Sedang, buah melon mencapai Rp 10 ribu per kilogram dan papaya Rp 8 ribu per kilogram. Sementara, harga buah paling mahal adalah anggur jenis red yang mencapai Rp 70 ribu per kilogram. ’’Yang paling banyak dibeli semangka dan papaya,’’ sambung Umi. (fen/abi)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar